Cara Riset Kata Kunci di Google Keyword Planner Untuk Menentukan Judul Postingan dan Keyword

Cara Riset Kata Kunci di Google Keyword Planner Untuk Menentukan Judul Postingan dan Keyword

Assalamualikum Wr. Wb. Sobat Bolsit (Botol siasat) haha.. :v kali ini saya akan berbagi tentang tutorial Blog Seo yaitu Cara riset kata kunci di Google Keyword Planner Untuk menentukan judul postingan yang memang sangat penting untuk optimasi SEO kita agar postingan kita menjadi urutan teratas di pencarian google.

Tanpa basa-basi lagi mari ke pokok pembahasan,

Pengertian riset kata kunci 

Sebelumnya apakah ada yg tau apa itu kata kunci atau keyword 

Menurut wikipedia.org kata kunci atau keyword adalah sebuah kata atau konsep dengan keistimewaan , yang berarti kata apapun yang digunakan sebagai kunci dan kode atau digunakan untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain, Dengan kata lain kata kuci ini adalah sebuah kata yang bisa menghubungkan dengan sebuah kalimat dimana kata itu berada. 

Ada dua jenis kata kunci menurut berbagai sumber

  1. Kata Kunci Pendek adalah kata kunci yang hanya terdiri dari maksimal dua suku kata 
    Yaitu kata kunci pendek biasanya memiliki persaingan yang sangat ketat di mesin pencari Contoh : Blog, Seo, Android, Belajar Membaca dll.
  2. Kata Kunci Panjang adalah kata kunci yang lebih dari dua suku kata
    Yaitu kata kunci panjang relatif lebih kurang persaingannya sehingga banyak digunakan oleh para blogger pemula (cocok untuk kita) Contoh : Bagaimana cara membuat blog, Cara cepat membuat email,  dll.
Lalu bagaimana dengan riset kata kunci atau riset keyword? 
Jika kata kunci adalah kata yang bisa menghubungkan sebuah kalimat atau paragraf maka riset kata kunci adalah sebuah tehnik SEO dimana kita bisa mencari kumpulan kata apa saja yang selalu di cari atau di ketik di mesin pencari.

Cara riset kata kunci di Google Keyword Planner

Yang kita butuhkan agar kita bisa membuka tool riset kata kunci di google keyword planner adalah kita harus mempunyai akun google AdWords, persyaratannya cukup mudah kita hanya perlu mendartar dengan akun Goole kita Jika bingun cara mendaftar baca saja "Cara mendaftar Google AdWords Keyword Planner terbaru 2016"

Jika sudah mendaftar ke AdWords Keyword Planner mari kita lanjut ke tahap selanjutnya yaitu menggunakan tool Google Keyword Planner, langsung saja login jiaka belum login.

  1. Klik di menu "Alat" lalu "Perencanaan kata kunci" seperti gambar dibawah ini
    Google Keyword Planner
  2. Setelah itu kita akan ditujukan kehalaman seperti gambar dibawah ini untuk yang satu ini sebenarnya kita bisa memilih salah satu dari 3 menu di gambar ini, tapi untuk sekarang ini kita pakai saja menu yang paling atas yaitu "Telusuri kata kunci baru menggunakan frase, situs web, atau kategori".
    Google Keyword Planner Perencanaan kata kunci
  3. Lalu akan muncul seperti gambar dibawah, kita hanya tinggal isi seperti yang ditunjukan kotak merah saja. untuk "Produk atau layanan anda" adalah kata kunci yang akan kita riset seperti contoh dibawah kita akan meriset kata kunci yang berhubungan dengan "Tutorial seo blog", dan untuk "Penargetan" yang pertama adalah "Negara" yang ke dua adalah "Bahasa" dan yang ketiga adalah Mesin penelusurannya lalu klik saja langsung "Dapatkan ide".
    Google Keyword Planner Masukkan kata kunci
  4. Maka akan muncul seperti tampilan di gambar bawah ini kita pilih saja salah satu, Karena berdasarkan statistik yang kita lihat seperti gambar di bawah ini pencarian "Seo" lebih tinggi maka kita pilihsaja "Seo"
    Google Keyword Planner Statistik Kata Kunci
  5. Lalu akan muncul seperti gambar dibawah ini, yaitu beberapa kata kunci lain yang berhubungan dengan kata kunci "Seo", seperti yang terlihat di gambar bahwa setiap kata kunci memiliki statistik perbulan untuk lebih jelas kita bisa mendownload semua hasil tersebut klik saja "Unduh" seperti gambar dibawah ini.
    Google Keyword Planner Statistik Kata Kunci 2
  6. Di unduhan kita bisa melihat ada opsi Segmentasi "Statistik segmen berdasarkan bulan" yaitu dimana hasil unduhan kita akan memperlihatkan jumlah statistik perbulan, Format file kita pilih saja "Exel .csv"  agar bisa di buka oleh microsoft exel, dan terakhir adalah Tujuan, jika kita tidak mau repot buka-buka microsoft exel kita juga bisa langsung membukanya di Google Drive centang saja "Simpan ke google drive" seperti gambar dibawah ini kemudian klik saja"Unduh"
     
    Unduh File
  7. Jika anda yang menyimpan file ke Google Drive maka akan apa opsi apakah file akan dibuka melalui google spreadshet jika ia klik saja "Buka File" seperti gambar dibawah ini.
     Google Keyword Planner Buka File
  8. Lalu kita akan ditujukan ke halaman spreadshet google, seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, bahwa kata kunci akan ada statistik perbulan seperti tampilan gambar dibawah ini,
    Google Keyword Planner : Cari Kata Kunci Untuk Judul
    Kita hanya tinggal memilih kata kunci unik mana yang bagus untuk dijadikan judul postingan kita, saran dari saya pilihlah kata kunci yang statistiknya paling tinggi dari bulan ke bulan contoh diatas kita pilih "Seo Blog" karena Statistic pencariannya paling tinggi, untuk kita para blog pemula disarankan memakai kata kunci panjang seperti yang saya jelaskan diatas, agar persaingannya tidak terlalu ketat, untuk itu maka kita harus sedikit menmodifikasi kata kunci yang ada menjadi kata kunci yang panjang seperti "Cara belajar Seo Blog mudah dan menyenangkan", dan mungkin kalian mulai bertanya mengapa kita harus mendownload semua riset kata kunci itu? jawabannya karena hal itu dibutuhkan untuk kita jadikan keyword pada postingan kita. contohnya kita lihat hasil pencarian google dibawah ini,
    Google Keyword Planner : Keyword di Google Search
    Ini adalah contoh keyword di postingan kita, coba saja bayangkan jika kita menerapkan keyword dengan statistik yang tinggi disetiap postingan, maka memungkinkan postingankita akan menjadi paling atas di mesin pencarian.
Demikian postingan kali ini dengan tema "Cara riset kata kunci di Google Keyword Planner untuk menentukan judul postingan dan keyword" selamat mencoba dan semoga postingannya semakin ramai pengunjung, amiin..

Comments

  1. Thank you. :) (h)
    sbobet

    ReplyDelete
  2. Thanks for visit, and i will visit back..

    ReplyDelete
  3. Ahrefs
    While we’re on the topic of SEO, I wanted to mention Ahrefs. Ahrefs is a tool that allows you to do keyword research to ensure you’re targeting the best keywords with the highest traffic and lowest difficulty to rank for.
    While this tool isn’t free or cheap, they do offer a free two-week trial. Alternatively, you can use their competitors like Moz or SEMrush (who also have free trials, hint hint). Whichever one you choose, if you’re serious about ranking on Google, I highly recommend a keyword research tool. Without them, you only have access to Google Keyword Planner, which doesn’t really help you find the right keywords.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Game atau Aplikasi Minimize Sendiri

Cara Mudah Menentukan IP Address Untuk Jaringan Komputer

Cara Membuka Task Manager yang Terkunci Administrator