Tips Memilih VGA Card Untuk Pemula



Kali ini kami akan menjelaskan “Tips Memilih VGA Card Untuk Pemula”, sebelum itu kami akan menjelaskan tentang apa itu VGA Card atau dalam bahasa Indonesia biasa di sebut Kartu Grafis?? Dan apa kegunaannya?? Mari kita mulai.


·         Apa itu VGA Card dan apa kegunaannya??
VGA (Video Graphics Array) Card atau yang bisa disebut Kartu Grafis adalah sebuah Hardware untuk Pengolahan Grafis atau Rendering.
Jangan salah kaprah, bahwa VGA Card itu hanya bisa digunakan untuk bermain game, namun dalam dunia Desain Grafis pun sangat dibutuhkan, semisal untuk membuat desain 3D, rendering video, dan lain lain.
  
Tips untuk mencari VGA Card Untuk Pemula:

MEREK VGA CARD
Kenapa Merk berpengaruh? Yap… Merk tentu saja sangat berpengaruh terhadap kualitas Graphic Card. HP Android yang sama-sama menggunakan processor Qualcom, merk ternama seperti samsung atau sony jika dibandingkan dengan merk Mito tentu saja kualitasnya berbeda walaupun menggunakan procie yang sama. Nah… Graphic Card juga sama, buatan merk terkenal seperti Gigabyte atau Asus jika dibandingkan dengan Zotac tentu saja kualitasnya lebih bagus buatan merk terkenal. Kenapa bisa begitu? Karena merk terkenal biasanya menggunakan komponen pendukung GPU yang menempel di PCB dengan kualitas yang lebih baik. Tetapi untuk Anda yang ingin merakit komputer gaming dengan dana pas-pasan, Zotac bisa menjadi alternatif. Karena untuk urusan performa dengan GPU yang sama performanya tidak jauh berbeda. Tetap ada perbedaan performa tetapi tidak terlampau jauh. Yang membedakan anda komponen pendukungnya, sehingga buatan merk terkenal graphic card lebih tahan lama (Awet).

TIPE MEMORY
Jenis Memory Interface yang digunakan oleh Graphic Card, ditunjukan dengan kode DDR atau GDDR. Jenis interface sangat mempengaruhi kecepatan transfer data dari processor > motheroard > Graphic Card. Semakin tinggi tipe interface atau DDR maka semakin tinggi pula kecepatan aksesnya. Contoh DDR1, DDR2, DDR3, DDR4, dan GDDR5. Untuk sekarang ini tipe GDDR yang paling baru adalah GDDR5. Jadi pilihlah Graphic Card yang menggunakan tipe interface GDDR5.

JALUR DATA (BIT)
Spesifikasi VGA dengan jalur data 128 bit. Maksudnya semakin besar jalur data maka semakin besar data yang bisa di akses. Semakin besar jalan maka semakin banyak mobil yang dapat lewat, begitu kira-kira gambarannya. Contoh 32bit, 64bit, 128bit, 256bit, 512bit, dst. Biasanya semakin besar Jalur data semakin besar pula Bandwidth, Memori dan tipe interface Graphic Card.

KAPASITAS MEMORY
Contoh spesifikasi VGA dengan kapasitas memory 512 Mb, 1 Gb, 2 Gb sampai 12 Gb Asus GTX Titan X. Fungsi dari memory dalam VGA mirip dengan fungsi RAM pada Komputer. Artinya menyimpnan sementara data yang telah diolah oleh GPU

2 ANGKA PERTAMA PADA TIPE KARTU GRAFIS
Baik seri NVIDIA ataupun AMD Radeon semua sama, kita hanya memperhatikan 2 digit angka pertama untuk mengetahui kualitas dari VGA tersebut, mengapa??
Digit Pertama : Menandakan perkembangan teknologi grafis, semakin besar angka, maka semakin tinggi teknologi yang dipakai (ex: gtx750<gtx950, HD57xx<HD77xx)
Digit Kedua : Menandakan performa pada grafis tersebut, semakin tinggi angka, maka semakin tinggi performanya (ex: gtx gtx550<gtx460, HD67xx<69xx)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Game atau Aplikasi Minimize Sendiri

Cara Mudah Menentukan IP Address Untuk Jaringan Komputer

Cara Membuka Task Manager yang Terkunci Administrator