Memperbaiki Browser yang Tidak Dapat Membuka Facebook dan Website Tertentu

Laman Web ini tidak tersediaAssalamualaikum wr. wb. Jumpa lagi dengan saya admin bolsit (Botol Siasat) yang masih kece sampe sekarang.. haha.. oke sob, kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya Memperbaiki Browser yang Tidak Dapat Membuka Facebook dan Website Tertentu yang mungkin juga pernah sobat bolsit rasakan.

Bekerja di perusahaan yang mempunyai peraturan ketat tentunya memang susah untuk bersantai seperti menikmati akses internet gratis di komputer prusahaan, contohnya membuka Facebook, streaming youtube dll, seperti pengalaman saya kali ini, waktu itu pekerjaan tidak terlalu banyak dan dapat diselesaikan lebih cepat dan sayapun lebih banyak punya waktu santai, melihat komputer menganggur dengan koneksi internet yang memadai sayapun berniat untuk mengisi waktu luang untuk browsing dan streaming, pertama-tama di kotak URL saya langsung masukkan facebook.com, setelah menunggu loading yang amit-amit lamanya, ternyata tidak masuk sama sekali yang ada hanya peringatan seperti ini.

Laman Web ini tidak tersedia 2

Info :  Bagi sobat yang suka memakai komputer kantor atau minjem orang lain tetapi entah kenapa tidak dapat membuka "task manager", mungkin sobat bisa coba tutorial ini untuk menanganinya "Cara Membuka Task Manager yang Terkunci Administrator"

Dugaan pertama saya mungkin koneksinya sedang error, akan tetapi kenyataannya setelah saya coba ping ke google di CMD ternyata koneksinya berjalan lancar, lalu saya coba ke pencarian google.com ternyata hasilnya bagus koneksi internetpun cepat, tapi anehnya setelah saya coba ke website facebook.com hasilnya masih sama, lalu akhirnya saya coba untuk memulainya dengan pencarian facebook di google, dan hasilnya ternyata mantaf berhasil masuk ke halaman depan facebook akan tetapi kebahagiaan saya itu ternyata terhenti setelah loading login saya berhenti dan ternyata yang keluar hanya pesan yang sama seperi pesan diatas. Alih-alih mengisi waktu luang sekaligus mencari hiburan melalui facebook, yang saya rasakan kebingungan sekaligus jengkel dengan hal ini,

Saya yang tidak mau ambil pusing dengan hal ini, mulai mencari alternatif lain dengan cara mencari video unik atau lucu di youtube.com, akan tetapi lagi-lagi halaman dengan pesan kesalahan yang sama muncul kembali di situs yg satu ini, perasaan jengkel saya yang mulai berubah menjadi penasaran dengan hal ini mencoba mecari tahu apa penyebab dari semua masalah ini.

Beruntung saya masih bisa mengakses google dan sayapun mulai mencari-cari apa penyebab website tertentu tidak dapat di akses oleh semua browser, akhirnya saya di pertemukan pada sebuah artikel yg menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan ada beberapa website yang tidak dapat di akses dan bagaimana cara penanganannya.

Info : Jika anda yang sering membuka aplikasi atau bermain game tapi sering Minimize dengan sendirinya bisa coba tutorial ini "Cara Mengatasi Game atau Aplikasi Minimize Sendiri"

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan akan tetapi dari semua cara yang saya coba hanya cara yang satu ini yang paling ampuh dan terbukti oleh saya, langsung saja disimak.


  1. Buka RUN di windows 7 kamu dengan cara menekan "Windows + R" di keyboard kamu atau klik "Windows Button" lalu ketikan "RUN" di pencarian lalu klik "RUN" seperti gambar dibawah ini.
    Tombol windows
  2. Lalu akan terbuka run seperti gambar dibawah ini, setelah itu di kotak "open :" ketikkan ini  c:\windows\system32\drivers\etc lalu klik "OK" seperti gambar dibawah ini.
    Tampilan Run
  3. Setelah itu kita akan tertuju pada direktori atau folder "etc" yang ada di c:\windows\system32\drivers  disitu ada file-file yang tak berextensi (berformat) kira-kira seperti ini.
    etc
  4. Selanjutnya kita lihat disitu ada file dengan nama "hosts" langsung saja klik kanan lalu "Properties" lihat di "Attributes" apakah "Read only" di centang (checklist) atau tidak, jika ia, maka kita hilangkan tanda centangnya lalu klik "OK" seperti pada gambar di bawah ini.
    Properties 
  5. Lalu kita edit file "hosts" tersebut menggunakan "notepad" caranya klik kanan pada file "hosts" setelah itu pilih "Open With"  kemudian "Notepad" namun jika di klik kanan tidak ada "Open with-nya" kita buka saja noetepadnya lalu klik "File" kemudian "Open", lalu cari file "hosts" tadi yang ada di c:\windows\system32\drivers\etc dengan cara copy "c:\windows\system32\drivers\etc" lalu pastekan ke kolom yang ada diatas, kemudian klik open, jika file-file tadi belom muncul ganti forman file di bawah kanan menjadi "All Files" lalu klik file "hosts" kemudaian klik "open" seperti pada gambar.
    Buka hosts di notepad
  6. Setelah itu kita tinggal edit, lihat ke paling bawah seharusnya adalah  # 127.0.0.1       localhost atau # ::1             localhost tanpa ada yang lain di bawahnya biasanya jika ada, itu adalah situs yang selama ini tidak bisa di buka oleh semua browser seperti gambar dibawah ini.
    Edit di Notepad
    Seperti pada gambar kita tinggal menghapus semua alamat website pada file "hosts" lalu "save" File tersebut lalu cek koneksi internet.

    Catatan : "Jika ketika penyimpanan (save) kamu malah disuruh untuk save as mungkin kamu belom melaksanakan langkah ke 4 karena attributnya masih read only, read only tidak bisa di edit hanya bisa di baca saja"
Demikian tutorial Memperbaiki Browser yang Tidak Dapat Membuka Facebook dan Website Tertentu yang bisa saya sampaikan ke sobat bolsit semoga bermanfaat, berhasil dan dapat dimengerti oleh pembaca.

Comments

  1. alhamdulilah akhirnya ketemu juga nih artikel beginian. Thanks gan coz saya pernah kyak gitu. dan sekarang saya udah tau cara memperbaikinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke deehh.. semoga yg kali ini dapat membantu.. :D

      Delete
  2. wah sering gan saya begini, tapi sekarang udah enggak, nice gan bermanfaat sekali :D

    ReplyDelete
  3. Kalo aku suka download browser lain, langsung jalan lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin itu permasalahannya beda lagi sob.. thanks masukannya sob.. :)

      Delete
  4. pengguna linux ga pernah ngalamin kayak gini gan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh.. pakek linux apaan gan? nah.. mungkin itu solusi selanjutnya.. ganti sistem operasi jadi linux.. :D thanks kunjungannya gan..
      hehe.. :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Game atau Aplikasi Minimize Sendiri

Cara Mudah Menentukan IP Address Untuk Jaringan Komputer

Cara Membuka Task Manager yang Terkunci Administrator