Apa itu Niche Blog? dan Mengapa Kita Harus Menentukan Niche Blog?

Niche Blog

Assalamualaikum wr. wb. sobat bolsit (botol siasat), Kali ini kita akan membahas Niche serta Tips menentukan niche blog. Niche, mungkin ada dari beberapa blogger yang masih asing dengan kata niche, niche, berasal dari bahasa inggris akan tetapi meski di translate ke bahasa indonesia pun niche akan sama asingnya di lidah kita juga telinga kita yaitu yang berarti ceruk bukan jeruk ya ceruk sekali lagi ceruk, gimana asing kan? maka dari itu agar tidak pusing dan asing dengan kata niche kali ini saya akan menjelaskan pengertian niche blog juga berbagai macam jenis niche dan keunggulan blog niche.

Pengertian Niche

Sebuah blog yang hanya membahas satu pembahasan tertentu saja dan tidak membahas beragam pembahasan. Contoh jika blog Anda hanya membahas seputar Download Film saja maka Niche Blognya adalah download Film. 

Jenis-jenis Niche

Sayapun kenal dengan apa itu Niche blog setelah mencari-cari pembahasan tentang optimasi seo beberapa tahu lalu, dan salah satu postingan ada yang membahas niche lebih tepatnya "mengucapkan" niche itu tersebut, dengan rasa penasaran sayapun mulai mencari apa itu niche dan ternyata jika dikategorikan niche terbagi menjadi 4 macam yang saya kutip dari berbagai sumber yaitu sebagai berikut.

  1. Whole-niche, adalah niche blog yang membahas keseluruhan topik yang diambil, Contoh Blog yang membahas Tentang Anime maka keseluruhan topik yang dibahas hanya seputar anime misalkan Komik anime, Video Anime, Musik Anime dll tentang Anime.
  2. Broad-niche, adalah niche blog yang tidak membahas seluruhan jangkauan topik yang diambil, melainkan hanya sebagian besar topiknya saja. Contoh, jika blog Anda membahas seputar Anime, Maka pokok pembahasannya hanya satu macam saja, Misalkan Video anime saja.
  3. Themed-niche, adalah niche blog yang sudah mengarah ke suatu topik tertentu saja.Contoh, Jika di Niche kita membahas tentang anime yang membahas tentang videonya saja, kemudian dipersempit loagi dengan hanya membahas video anime yang genrenya hanya  Anime Comedy saja.
  4. Micro-niche, adalah niche blog yang sangat menyempit mengarah hanya pada satu pembahasan saja dan sangat mendetail. Contoh Niche blog Anda adalah seputar Video Anime, lalu di khususkan hanya membahas topik tentang Video Anime Comedy, kemudian dipersempit lagi dengan hanya membahas Video Anime Comedy yang berjudul Onepiece, maka pembahasan di niche blog Anda nantinya hanya membahas seputar Video Anime Comedy yang berjudul Onepiece saja.

Mengapa harus Menentukan Niche blog?

Memang agak susah membuat blog yang membahas satu topik saja, itulah pemikiran dulu saya yang masih ngeyel dengan menerapkan teknik blog yang campur-campur (kayak gado-gado aja :v ), memang benar dengan teknik gado-gado tersebut kita bisa dengan mudah membahas apa saja di blog kita, dengan harapan siapa saja bisa berkunjung ke blog kita dan bisa mencari apa saja di blog kita (kamu pikir Google bisa cari apa aja :D), tapi nyatanya tidak seperti itu kenyataanya pengunjung lebih suka dengan niche blog karena tidak perlu "kurah-koreh" istilah bahasa sunda, maksudnya pengunjung bisa dengan sangat mudah mencari semacam artikel lain yang berhubungan dengan artikel yang sedang dia baca. Dan beberapa diantaranya niche blog pun memiliki beberapa kelebihan yang mungkin bisa meluruskan pemikiran kita agar segera menentukan Niche Blog, diantaranya sebagai berikut.

  1. Fokus pada satu topik pembahasan, sangat memudahkan kita dan tidak bingung ketika akan membuat postingan baru.
  2. Mempunyai ciri dan khas tersendiri, karena blog dengan ciri khas dapat dengan mudah dikenali pengunjung.
  3. Lebih mudah dan cepat terindex mesin pencari, Karena pembahasannya hanya terfokus pada satu pembahasan contoh niche kita adalah Video Anime maka keyword yang dibidikpun akan seputar Video Anime
  4. Niche Membuat Anda Menjadi Ahli, Jika Anda menulis blog pada topik tertentu, meskipun anda masih mencari materi dari berbagai sumber lambat laun itu akan membuat Anda menjadi seorang ahli. Jika pembaca sudah percaya bahwa Anda seorang ahli, mereka akan selalu kembali ke blog Anda untuk membaca informasi yang Anda berikan.

Kesimpulan

Jika kamu yang mengaku blogger sejati dan blogger yang profesional, ingin blog ramai pengunjung, postingan cepat terindex mesin pencari serta menciptakan sumber pendapatan dari blog maka mulai dari sekarang tentukan Niche Blogmu.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami semoga postingan kali ini dengan tema Apa itu Niche Blog? dan Mengapa Kita Harus Menentukan Niche Blog?  bisa bermanfaat dan dimengerti oleh pembaca.

Comments

  1. hmm,kalo niche nya "tulisan fantasi ferdi" itu masih nyambung tentang cerita fiksi kan gan?

    ReplyDelete
  2. itu juga oke bang..

    tangkiw kunjungannya.. ane otw back..

    ReplyDelete
  3. wah makin tambah pengalaman saja nnih

    ReplyDelete
  4. wah nambah pengalaman , makasih info nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok broo.. mantaff.. tangkiw kunjungannya..

      Delete
  5. saya kira niche terbagi 1 saja, ternyata ada 4 yah gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul broo.. hehe.. thanks kunjungannya.. :)

      Delete
  6. thanks gan sharing ilmunya ^_^
    www.hairulachsan.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Game atau Aplikasi Minimize Sendiri

Cara Mudah Menentukan IP Address Untuk Jaringan Komputer

Cara Membuka Task Manager yang Terkunci Administrator