Mengatasi Windows yang Tidak Mau Shutdown di Laptop


Masalah ini sebenarnya masih hangat karena baru saya alami kemarin malam. Setelah selesai menyelesaikan tugas kampus, niatnya saya mau tidur dan entah kenapa ketika saya mematikan laptop, windows nya hanya melakukan loading shutdown tetapi tidak kunjung mati, melainkan kembali lagi ke desktop. Berapa kalipun saya coba shutdown, tetap saja akan kembali ke desktop. Hingga lama kelamaan sayapun mulai geram dan bingung. Sempat terpikir untuk mematikannya dengan cara yang anti-mainstream seperti dibanting, dibakar atau direbus. Tapi setelah dipikir-pikir sayang juga kalo dibanting, nanti keramik rumah malah rusak, beli dan masangnya lagi kan ribet. Kalo dibakar, BBM kan sedang mahal, belum lagi kalo rumah ikut-ikutan kebakar, kan gak banget. Nah, kalo direbus, kayanya juga percuma, gak akan empuk juga.. Jadi, saya putuskan tidak jadi dengan cara-cara tersebut.

Oke, kembali ke permasalahannya.
Setelah saya cari referensi dari sana-sini, akhirnya saya dapatkan solusinya. Ternyata masalahnya terletak pada pengaturan Power Option nya. Bagi sobat yang juga pernah atau sedang mengalaminya, berikut ini saya beri langkah-langkah solusinya. Oh ya, saya menggunakan win 10 pada tutorial ini.

1.    Langkah pertama
Masuk ke Control Panel.
Pada Win 10, buka menu Windows > All apps > Windows System > Control Panel atau bisa dicari pada kolom Search, atau juga bisa dengan buka menu  Run > Control Panel.
Jika sudah pada menu Control Panel kemudian pilih Hardware and Sound > Power Options.

2.    Langkah kedua
Kemudian pilih opsi Choose what the power buttons do yang ada disisi kiri.


3.    Langkah ketiga




Kemudian pastikan pengaturan nya sama seperti gambar diatas.
Pada opsi When I press the power button atur agar menjadi Shut down. Sedangkan pada opsi When I press the sleep button dan When I close the lid atur menjadi Sleep. Jika sudah seperti diatas, kemudian scroll ke bawah pada jendela menu yang sama.




Kemudian pada menu Shutdown settings, nonaktifkan atau hilangkan centang pada opsi Turn on fast startup (recommended). Jika tidak bisa, klik terlebih dahulu opsi Change settings that are currently unavailabe di bagian paling atas.




Jika sudah kemudian pilih Save Changes.


Nah sekarang silahkan coba lagi sobat shutdown windows nya, seharusnya sekarang sudah bisa dimatikan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat..



Baca juga :



Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Game atau Aplikasi Minimize Sendiri

Cara Mudah Menentukan IP Address Untuk Jaringan Komputer

Cara Membuka Task Manager yang Terkunci Administrator